22 Desember 2008

Nulis Bisa Bikin Lega

Saya kadang heran, kok bisa yah..para penulis hebat itu bikin tulisan yang bagus-bagus. Paling sering keluar pertanyaan itu pas lagi muterin rak-rak buku di toko buku atau di perpustakaan. Kekaguman saya makin bertambah ketika selesai membaca sebuah buku atau tulisan yang bisa meninggalkan jejak di pikiran. Biasanya sih tentang inspirasi. Banyak tulisan yang menginspirasi dalam berpola pikir. Mindset bisa berubah, bisa parsial, bisa juga total dari hasil baca sebuah tulisan.


Gawatnya, saya termasuk penggemar tulisan yang gak pakai bunga-bunga kata. Salah satu contohnya ya tulisan parodi Samuel Mulia di Harian Kompas itu. Lucu, seger, dan sangat menghibur. Cara bertutur Samuel Mulia sungguh cerdas (menurut saya loh..) Dia menggunakan kata-kata parodi, sesuatu yang mungkin gak semua orang berani, misalnya bilang keorang lain "saya ini doyan macarin istri orang....atau saya suka banget menjegal kawan demi mulusnya karir di kantor..." parodi banget....dan lucu khan?




Nach asiknya lagi, dalam hal penulisan. seorang penulis bisa bebas menggabungkan sebuah fakta dengan imajinasi. Lihat karya Laskar Pelangi-nya Andrea Hirata...dalam buku itu ada tokoh imajiner, buktinya tokoh Bu Mus (yang asli) sempet bingung ketika ditanya siapa tokoh salah satu muridnya dalam film yang fenomenal itu.



Menulis...apapun bentuknya bagi sebagian orang bisa jadi katup pelepasan. Banyak orang yang curhat dengan diary, sebagian lainnya malah menjadikan menulis sebagai profesi. JK Rowling, Dale Carnagie, Phillip Kotler, cuma segelintir orang yang sukses dalam menulis. Dale Carnagie bisa mewariskan hasil tulisannya yang dicetak ulang sampai detik ini diberbagai belahan dunia. Jadi bener dong yah kalo saya bilang Nulis bisa bikin lega......










Tidak ada komentar: