12 Desember 2008

Budaya di Jalan




Capek! Kalo ngebayanin lagi kejebak macet di jalan. Jalan kendaraan udah kayak keong siput. Maju satu meter berhenti dua menit. Emang bener dech ungkapan mas Toni Wahid, dia bilang "if you can survive driving in jakarta, you merely can survive anywhere in the world".

Nge-drive di jakarta buat orang yang udah "sadar" atau udah "tau" emang musti ngegembol sekarung kesabaran. Gimana nggak? bus, mikrolet, metro mini paling hobi tuch nyalip dan berhenti seenak udel. Gak tanggung-tanggung berhentinya di kanan jalan. Contohnya bisa ditemuin di lampu merah depan Kodim stasiun Jatinegara.

Biang dari segala kesemrawutan dijalan, kalo dirunut ternyata juga kayak benang kusut. Mulai dari proses ndapetin SIM, tingkat disiplin yang memble, karakter sebagian masyarakat yang maunya enak sendiri, sampai dengan gak adanya law enforcement. Polisi yang ngumpet di tikungan sambil nunggu orang melanggar, udah bukan rahasia lagi.

Seorang Anggun C.Sasmi suatu ketika ditanya wartawan, kenapa sich dalam setiap album-nya selalu terselip lagu berbahasa Indonesia. Si Anggun ngejawab enteng kalo itu wajar. Selain karna darahnya Indonesia dia suka kangen ama "amburadul"nya Indonesia. Amburadul tapi ngangenin gituh.

Kalo kita lihat apa yang paling kasat mata mengenai Amburadulnya Indonesia, tentu jawabannya: liat aja Budaya kita di Jalan. Gak mau ngalah, saling serobot. Yang salah jadi bener, yang bener jadi dongkol. Coba aja berhenti di belakang garis ketika lampu merah menyala. Itu orang-orang primitip dijamin pada nglaksonin bertubi-tubi. Padahal lampu masih menyala merah. Sebel gak sich!

Saya jadi inget pengalaman bikin drive lisence dinegara lain. Wuih..asli! gak gampang. Test teori aja udah bikin saya bolak balik ke DMV Seattle ..karena gak langsung bisa lulus. Padahal cuman ngeklik multiple choice yang nongol dilayar monitor. Begitu lulus teori gak bisa langsung dapet SIM-nya tapi cuman dapet SIM sementara yang harus didampingi oleh orang lain yang sudah punya SIM kalo kita mau bawa tuch kendaraan. Test praktiknya? wach...Lebih seru !

Ada ide gila dilontarkan seorang teman, gimana kalo semua penduduk Indonesia pemilik SIM ditest ulang. Terus terang saya gak setuju. Selain buang-buang biaya, yang lulus pasti gak lebih dari 1 persen. Dijamin!

Tidak ada komentar: