02 Februari 2009

Menu Degustation


Hujan lagi....hawa dingin kayak gini enaknya ngapain? seperti yang udah-udah kok langsung kepikir bikin makanan yang enak..tapi kok ya males ya.......halah! ya udah ngomonginnya aja dulu dech.

Buat yang berkecimpung di kuliner , menu degustation pasti dah gak asing..(selanjutnya disingkat MD aja) yaitu salah satu konsep penyajian makanan dimana tamu restaurant demikian percaya kepada Chef sang juru masak, bahwa apapun yang dihidangkan Chef akan menjadi pengalaman bersantap yang tak terlupakan.


Konsekwensi dari konsep MD ini pastinya berujung pada harga yang dipatok oleh Chef menjadi sesuatu yang tidak perlu dipermasalahkan. Di tiap kesempatan Chef akan mengganti ragam hidangannya, jadi para penggemar yang notabene orang-orang yang berkebebasan finansial, selalu punya alesan buat datang lagi dan datang lagi....


Pada beberapa restaurant yang menyajikan MD ini, paket mulai dari hidangan pembangkit selera (appetizer), menu utama sampai hidangan penutup (dessert) selalu diupayakan kwalitasnya setinggi-tingginya..menyeluruh bukan hanya rasa tapi juga tampilannya...gak salah kalau dibilang seni kuliner paling jelas yah disini tempatnya.


Seattle punya "Rover", Tacoma punya "32silvers", California punya "Benihana". Paris dengan "Vivarois", New York ada "Nobu"...yang laen bisa ditambahin sendiri. Oh ya... Jakarta secara subyektif punya "Shima" Aryaduta. Mereka menyajikan MD dengan sangat baik meski dengan cara masing-masing. Skill, technik, kreativitas dan inovasi seorang Chef penting banget..ya iyalah...harganya itu lho...buat sebagian orang..malah bisa bikin gak selera makan.



Konsep MD memang masih sangat terbatas kita jumpai, apalagi kalo dihubungkan dengan harganya yang "wah!"...tentu bisa dipahamin banget kalau konsep ini menjadi exclusive... mungkin mirip konsep ABC (Activity Based Costing) method pada penetapan Cost Accounting. Saya sendiri yang pernah tinggal di Seattle cuma melihat dari luar resto "Rover" di Madison Street favouritnya P'Bondan "maknyuss" Winarno. Bukan apa-apa..pilihannya: makan di Rover sekali, bandingannya uang itu bisa buat belanja bahan makanan di Jackson street (Chinatown-nya Seattle) untuk 2 minggu....yah dipilih yang terakhir dech....

Tidak ada komentar: